Penyebab Rambut Rontok

Hai ladies!Siapa disini yang rambutnya suka rontok ?bahkan parah dan sampe bisa mengalami kebotakan?Coba yuk simak beberapa hal mengenai rambut rontok!

Jumlah rambut akan lepas atau rontok sekitar 50–100 helai setiap harinya. Hal ini normal, karena ada juga rambut yang tumbuh setiap harinya. Pertumbuhan rambut normal akan diawali dengan fase pertumbuhan (fase anagen), di mana rambut tumbuh dan bertahan selama 2-6 tahun.

Setelah itu, rambut akan rontok dan akan tumbuh kembali 2–3 bulan setelah rontok (fase telogen). Sebelum rontok, rambut akan memasuki masa transisi selama 2–3 minggu (fase katagen). Jika siklus pertumbuhan rambut ini terganggu, rambut akan rontok hingga bisa berujung pada kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok

Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut tergganggu, hingga berakibat pada rambut rontok. Rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh penyakit atau obat tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan kondisi setelah melahirkan.

Sedangkan rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Pencegahan Rambut Rontok 

Kerontokan rambut dapat dicegah agar tidak terjadi penipisan rambut atau kebotakan. Caranya antara lain adalah memilih produk perawatan rambut yang aman serta melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung.

Penanganan Rambut Rontok

Penanganan rambut rontok tergantung pada penyebabnya. Penyebab paling sering adalah keturunan, dan kondisi ini merupakan proses alami yang tidak membahayakan kesehatan.

Langkah penanganan biasanya dilakukan saat seseorang mulai merasa penampilannya terganggu akibat rambut rontok. Penanganan untuk rambut rontok adalah dengan obat-obatan, atau bisa juga dengan tranplantasi rambut untuk mengatasi kebotakan akibat rambut rontok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *