Microbiome:Mikroorganisme Pelindung Kulit Wajah 24/7

Ini dia pahlawan kulit yang masih awam alias belum banyak yang tahu,padahal kehadirannya merupakan kunci utama untuk kulit wajah kita. Mircrobiome atau mikrobioma kulit adalah miliyaran bakteri, jamur, dan virus yang menyusun mikrobiota kulit. 

Agak terdengar cukup menyeramkan ya, tetapi kebanyakan organisme yang tinggal di kulit kita tidak berbahaya sama sekali malah sangat menguntungkan bagi kulit.

Mikrobioma sangat beragam, dan keberagaman ini yang menjaga kulit dari serangan bahaya organisme yang merugikan.Yuk kenalan lebih lanjut dengan Microbiome!

Fungsi/manfaat Microbiome

Kehadiran mikrobioma akan melindungi kulit dari serangan jamur, bakteri, tungau dan organisme-organisme yang ingin mengambil alih kulit kamu dari mikrobioma yang sudah melindungimu 24/7.

Kalau mikrobioma ini terganggu, bakteri dan virus dari luar akan lebih mudah untuk menyerang kulit.

Tanda-tanda kalau mikrobioma pada kulit kamu terganggu:

adalah muncul kondisi kulit seperti, eksim, psoriasis, perioral dermatitis, ketombe, Malassezia folliculitis (fungal acne), dan yang terakhir dan yang pasti sudah sangat familiar adalah jerawat.

Cara menjaga Microbiome agar tetap hidup dan sehat..

Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk menjaga microbiome:

  • Tidak over-exfoliating, eksfoliasi wajah terlalu sering dengam chemical maupun physical peeling akan merusak pH kulit sehingga bakteri baik yang tinggal di kulitmu terganggu.Dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali per minggu atau pakai sesuai dengan anjuran produk. Jika ingin eksfoliasi setiap hari, pastikan produk eksfoliator yang kamu pakai aman untuk dipakai setiap hari.
  • Tidak menggunakan sabun berbusa dengan sifat antibakteri, khususnya untuk kulit sensitif. Sabun berbusa dan antibakteri juga dapat membunuh mikrobioma yang ada pada kulit mu. Ganti ke pembersih wajah yang lembut dengan pH seimbang.
  • Gunakan antibiotik oles sesuai dengan anjuran dokter.
  • Gunakan produk yang mengandung prebiotic atau probiotic. Prebiotic adalah makanan untuk bakteria, sedangkan probiotic adalah penambahan bakteria baik. Menggunakan produk dengan prebiotic dan probiotic dapat membatu mendukung flora mikrobioma kulit. Lactic acid merupakan salah satu contoh prebiotics.

Nah itu dia beberapa informasi tentang Microbiome yang setidaknya perlu kamu ketahui.Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *