Kenapa Menjelang Menstruasi Timbul Jerawat?

Kenapa ya, pada saat menstruasi timbul jerawat? Mari kita simak penjelasan ilmiahnya dibawah ini!

Siklus haid setiap wanita normalnya berkisar antara 21-35 hari. Ketika menjelang menstruasi, hormon estrogen dan progesteron meningkat karena tubuh sedang mempersiapkan rahim untuk proses pem (ovulasi).

Perubahan kadar hormon ini menyebabkan kulit memproduksi sebum alias substansi minyak yang berfungsi sebagai pelumas kulit alami. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit yang tersumbat akibat bercampurnya sebum, sel kulit mati, dan bakteri. Infeksi kemudian memicu peradangan yang ditandai dengan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan.

Walau jerawat saat haid tidak bisa dihindari, paling tidak ada hal-hal berikut yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan timbulnya jerawat:

1.Menjaga kebersihan wajah

Mencuci muka menggunakan sabun umumnya dilakukan dua kali sehari yaitu di pagi hari dan di malam hari setelah selesai beraktivitas atau sebelum tidur. Sebagian orang terkadang melewatkan kegiatan rutin ini hanya karena merasa malas, padahal manfaat cuci muka sebelum tidur dan di pagi hari sangat lah banyak untuk kulit. Buat kulitmu untuk selalu bersih dengan rajin mencuci muka.

2.Perhatikan asupan makanan

Saat menstruasi, batasi asupan gula, karbohidrat, atau susu. Alasannya karena makanan tinggi glikemik, seperti roti putih dan kentang, bisa memicu lonjakan gula darah yang sering menjadi penyebab peradangan kulit. Pada saat menstruasi, kamu bisa menjaga tubuh dari kondisi kehilangan banyak darah tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti daging, hati, sayuran hijau, sereal, ikan laut, atau unggas. Zat besi akan berperan meningkatkan pasokan nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh lebih optimal.

3.Perbanyak minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, air mineral juga bisa membantu proses detoksifikasi dan menjaga kelembapan kulit. Minum air mineral, setidaknya dua gelas per hari, membantu melancarkan peredarah darah sehingga bisa mencegah jerawat membandel. Selain itu, dengan menjaga kulit selalu terhidrasi bisa membuat kulit jadi tampak fresh dan awet muda.

4.Gunakan sunscreen

Dengan mengoleskan tabir surya, minimal SPF 30 secara merata pada tubuh minimal 20 menit sebelum beraktivitas juga berpengaruh dalam mengurangi timbulnya jerawat. Gunakan ulang tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Hal ini diperlukan untuk mengurangi dampak negatif akibat paparan sinar UV matahari berlebih. Proteksi inilah yang diperlukan kulitmu yang sensitif ketika kamu sedang menstruasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *