Jangan Dibuang!! Ini Dia Manfaat Air Beras, Bisa Untuk Menunda Penuaan Wajah?!

Air beras merupakan cairan yang tersisa setelah kamu merebus atau merendam beras. Cairan ini mengandung 75 – 80% zat tepung, vitamin B dan E, mineral, serta berbagai antioksidan yang terdapat pada beras.


Air sisa rebusan beras berbeda dengan air bekas mencuci beras. Kamu bisa memakai keduanya, tapi manfaat air cucian beras tidaklah sama dengan air rebusan beras yang cenderung lebih beragam.Berikut beberapa manfaat air beras untuk kulit wajah:

1. Melindungi sel kulit dari kerusakan

Air beras kaya akan antioksidan, khususnya inositol. Senyawa ini mampu melindungi sel kulit dengan cara menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

2. Memperlambat penuaan kulit

Penelitian di Portugal pada 2018 juga menemukan bahwa air beras dapat menurunkan aktivitas enzim elastase yang berperan dalam proses penuaan kulit. Ini berarti air beras mungkin bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dan garis halus.

3. Mengurangi keriput

Kandungan antioksidan pada air beras tidak hanya berguna untuk menangkal radikal bebas. Bagi yang berusia paruh baya, antioksidan juga membantu menyamarkan keriput yang sudah ada dan mencegah munculnya keriput baru.

3. Mengurangi peradangan

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan peradangan pada wajah, di antaranya eksim, jerawat, rosacea, hingga infeksi bakteri. Untungnya, air beras memiliki manfaat tersendiri untuk kulit wajah yang sering mengalami masalah ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *