Cocok kah Salicylic Acid Untuk Acne Prone Skin?

Kamu sering dengar nama salicylic acid dalam andungan skincare seperti sabun, toner, atau spot treatment? Atau kemungkinan kamu cuma menemukan BHA. Nah, salicylic ini juga termasuk dalam BHA loh. Untuk mengenal kandungan salicylic acid lebih jauh lagi, kamu bisa baca sampai selesai ya. Kamu juga akan tahu apakah salicylic acid untuk jerawat itu aman atau tidak. Simak penjelasannya yuk!

Apa Itu Salicylic Acid?

Salicylic acid adalah zat kimia dari karbohidrat kompleks yang ada pada pohon dedalu. Kandungan ini disebut salicylic acid karena pohonnya memiliki nama latin Salix. Biasanya kandungan ini ditemui dalam obat aspirin. Tidak heran dulu banyak yang menggunakan aspirin sebagai masker atau obat totol untuk jerawat. Sedangkan salicylic acid dalam produk skincare biasa ditemukan dalam pembersih wajah, toner, atau sun spot treatment untuk kulit berjerawat.

Salicylic Acid dengan Jerawat

Biasanya kamu akan melihat produk eksfoliasi dengan kandungan AHA dan BHA, biasanya ini terdiri dari 2 jenis jarang sekali ditemukan kandungan dengan 2 kandungan ini sekaligus. Salicylic acid ini adalah salah satu jenis BHA yang cocok digunakan untuk kulit berminyak. Hal ini dikarenakan BHA atau salicylic acid bisa larut dalam minyak dan lemak. Tidak heran kandungan ini bisa membersihkan hingga ke dalam penyumbatan pori-pori dan mengikis sel kulit mati.

Jerawat bisa muncul karena adanya penyumbatan pada pori-pori wajah yang bisa terjadi karena produksi minyak berlebih pada wajah. Bahkan, jerawat juga bisa muncul karena kamu menggunakan skincare yang cloggingatau membersihkan wajah dengan tidak tepat.

Kadar Konsentrasi Salicylic Acid yang Sesuai

Setiap produk skincare memiliki takaran atau persentasi dalam setiap kandungannya. Nah, untuk salicylic acid memiliki konsentrasi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 4%. Semakin tinggi konsentrasi kandungannya maka akan semakin cepat proses penyembuhan jerawat pada wajah. Namun, kamu jangan menggunakannya sembarangan karena penggunaan dengan konsentrasi yang terlalu tinggi bisa memperparah peradangan jerawat. Kalau kamu belum pernah menggunakan kandungan dari bahan acid sebaiknya gunakan dengan persentase yang kecil dulu secara bertahap.

Namun, salicylic acid tidak bisa mengatasi atau menyembuhkan jerawat yang disebabkan oleh hormon. Kandungan ini cuma bisa meredakan jerawat tapi perlu digunakan secara rutin. Untuk pemilik kulit sensitif, salicylic acid aman untuk digunakan setiap hari saat malam untuk membantu mempercepat proses keringnya jerawat. Kamu bisa menggunakannya di siang hari tetapi kulitmu harus dilindungi dengan sunscreen.

AHA, BHA, dan Benzoyl Peroxide Jangan Digunakan Bersamaan

Untuk lebih amannya jangan menggunakan produk dengan kandungan AHA, BHA, dan Benzoyl Peroxide. Namun, semua kembali pada kondisi kulitmu. Sebaiknya jangan menggunakan ketiga produk ini sekaligus karena membuat kulit menjadi kering dan sensitif sehingga bisa menyebabkan iritasi yang berakhir pada jerawat. Kamu bisa menggunakan satu atau dua produk saja, kamu bisa menggunakan salicylic acid dan benzoyl peroxide untuk mengatasi jerawat meradang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *